Jumat, 16 Februari 2018

Penyebab Perut Gembung

Adapun penyebabnya adalah :

  1. Bakteri didalam usus
    Disaat Anda sedang mengunyah makanan, maka tidak semua makanan akan terproses didalam usus. Makanan jenis tertentu biasanya akan tertinggal didalam usus dan makanan ini tidak dapat di urai sama sekali dengan proses yang cepat. Sehingga akan menimbulkan bakteri didalam usus mencoba untuk melakukan proses fermentasi pada makanan-makanan tadi. Dan hasil efek samping dari proses ini adalah gas yang dapat membuat perut menjadi kembung dan sendawa.
  2. Kurang enzim laktase
    Disaat Anda tidak mendapatkan jumlah laktase yang cukup, maka tubuh Anda akan menghasilkan gas. Dan proses ini biasanya terjadi didalam bagian usus kecil. Usus kecil akan membutuhkan laktase supaya memecah laktosa. Dan jika laktosa didalam usus tidak bisa dipecah, maka bakteri ini akan membuat proses fermentasi pada gula. Dan pada akhirnya akan menimbulkan masalah perut kembung.
  3. Produk susu
    Setiap orang pastinya mempunyai sistem pencernaan yang berbeda, ada yang bisa mencerna produk susu, tetapi ada juga diantara mereka yang tidak dapat mengonsumsi susu. Dan mereka yang tidak bisa mencerna susu dengan baik, maka biasanya akan menebabkan suatu reaksi kembung di perut. Dan gas yang dihasilkan akibat usus halus tidak dapat sama sekali menyerap produk susu tadi. Antisipasi dan pencegahan yang bsia dilakukan adalah dengan cara berhenti untuk mengonsumsi produk susu tersebut.
  4. Mengonsumsi gula alami
    Dan sebagia jenis buah serta sayuran yang mengandung gula alami didalamnya akan menimbulkan perut kembung. Hal ini biasanya disebabkan oleh organ pencernaan yang memang tidak dapat mencerna makanan tersebut. Dan kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan kesulitan akibat dari kebutuhan asupan nutrisi lainnya didalam tubuh yang berasal dari makanan tadi selain dari gula.
  5. Menelan udara yang banyak
    Disaat Anda sedang makan dan minum, maka sebenarnya udara akan masuk dan juga melewati sistem pencernaan Anda. Kondisi seperti ini kemungkinan tidak akan terasa, namun disaat Anda makan dengan waktu yang cepat, maka menimbulkan ketidaknyamanan didalam perut. Dan adanya udara yang tercampur dengan makanan serta minuman didalam sistem pencernaan. Jadi, makan dan juga minum dengan terlalu cepat bisa menjadi penebab dari masalah perut kembung. Kondisi seperti ini juga akan membuat terjadinya cegukan dengan terus menerus.
  6. Minum minuman yang bersoda
    Minuman yang bersoda adalah salah satu jenis minuman favorit bagi usia remaja. Tetapi, minuman bersoda bisa menimbulkan produksi dari karbondioksida semakin meningkat didalam perut. Dan biasanya perut akan bereaksi untuk mengeluarkan gas serta membuat Anda lebih terasa nyaman saat sedang bersendawa. Tetapi, jika berlebihan maka akan menimbulkan perut kembung.
  7. Mengonsumsi makanan dengan kandungsn sulfur didalamnya
    dan berbagai jenis makanan yang mengandung kandungan sulfur juga bisa menimbulkan gas berlebihan didalam perut. Makanan-makanan dengan kandungan sulfur yang tinggi diantaranya adalah kubis, bawang, dan juga seledri. Dan beberapa diantara mereka bahkan bisa mengalami perut kembung akibat dari masalah alergi dari sulfur tadi. Jadi sebaiknya hindarilah jenis makanan tersebut, dan jika Anda ingin mengonsumsinya, konsumsi dengan jumlah sedikir saja.
  8. Kondisi kesehatan yang serius
    Masalah perut kembung juga bisa diakibatkan oleh gangguan kesehatan yang serius. Dan beberapa diantaranya masih banyak yang tidak menyadari kondisi tersebut. Tetapi, dari beberapa gejala perut kembung merupakan salah satu bentuk gejala penyakit serius, diantaranya adalah karena alergi pencernaan, alergi makanan, sembelit atau susah bab, alergi pemanis, alergi susu, mengalami kurang nutrisi, dan penyakit maag, asam lambung, gastritis, dll.
  9. Efek samping dari pemakain obat
    Pemakaian jenis obat-obatan tertentu juga menjadi penyebab dari gangguan kesehatan yang bisa membuat perut menjadi kembung. Dan dari beberapa obat yang biasanya sering meniimbulkan efek sampiing adalah obat yang membantu mengatasi penyakit maag, pbat jamur untuk saluran pencernaan, dan jenis obat lainnya yang digunakan sebagai pencahar dan juga anti konstipasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tayo the Little Bus

Karakter Karakter utama seri ini memiliki empat karakter utama. Tayo (Bus 120, biru) adalah menyenangkan dan kadang-kadang nakal. Dia ...