Sabtu, 17 Februari 2018

Pakaian Adat Maluku | Lengkap Gambar & Penjelasan

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pakaian adat Maluku lengkap mulai dari gambar, penjelasnya, sampi motifmya. Maluku adalah sebuah daerah yang dimana terkenal akan sejarahnya pada jaman dahulu. Catatan sejarah daerah ini di tulis dalam tablet tanah liat. Keberadaanya di negara Iran dan Mesir.
DI dalam tablet tersebut ada sebuah kalimat yang menyebutkan bahwa kepulauan Maluku adalah negeri terkaya dari bagian timur. Hasil yang di dapat dri tanah ini berupa emas, mutiara, dan cengkeh.

Pakaian Adat Maluku

pakaian adat maluku
bombastis.com

Sebuah kepulauan tertua di negeri yang kaya ini menyimpan sebuah sejarah dan kebudayaan masa lalu yang selalu di junjung tinggi. Beragam aneka adat istiadat dan kebudaayan di wilayah ini salah satunya adalah pakaian adatnya.

Pakaian ini tidak berbeda jauh dengan pakaian adat di Indonesia pada umunya yaitu memiliki ciri khas tersendiri. Nama pakaian adat maluku sendiri adalah pakaian cele yang mempunyai nilai estetika dan filosofi.
Pakaian adat maluku ini memiliki keistimewaan pada cara pemakaianya. Pakaian adat ini tidak serumit dan sesulit pakaian adat pada umunya. Karena pakaian ini hanya menggunakan jas dengan warna yang cerah dan juga celana bagi pria.
Sedangkan pakaian adat maluku untuk wanita bawahanya memakai rok sedangkan atasnya memakai baju. Pada pakaian adat maluku ini ada sebuah corak khas dari daerah aslnya.
Warna dari baju ini adalah merah cerah dengan hiasan motif dengan garis yang berwarna emas dan perak. Kain yang digunakan pada baju ini adalah kain yang tebal tetapi dingin tidak panas saat dipakai.
Untuk kaum wanita di daerah Maluku diwajibkan untuk memakai beberapa aksesoris. Tujuanya agar nanti saat memakai baju adat Maluku lebih terlihat cantik dan menarik. Kurang lebih ada 5 akesoris yang harus di pakai pada baju wanita diantaranya :

Kain Lenso

Kain ini bertujuan dipasang pada bagian pundak menggunakan peniti. Adanya pakaian adat Maluku ini karena dulu ada pengaruh dari negara Belanda.

Konde

Pasti kalian sudah tidak asing ketika mendengar kata ini. Yaps betul konde di pasang pada bagain kepala belakang. Konde yang digunakan di daerah Maluku ini berbeda pada umumnya. Bentuk dan warnanya pun berbeda dari yang lain.
Konde memiliki nama tersendiri jika di daerah maluku namanya adalah Haspel. Unik nya kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia karena memiliki banyak sekalai keaneka ragaman budaya.

Sisir Konde

Sisir ini di gunakan untuk menjaga kerapian konde. Sisir ini di letakan di tengah-tengah konde agar tetap rapi dan enak di pandang.

Kak Kuping

Pada biasanya konde di samakan dengan 3 sampai 4 buah kak kuping. Bentuk dari kak kuping ini menyerupai sebuah bunga.

Bunga Ron

Terakhir adalah aksesoris yang sering digunakan masyarakat maluku khususnya wanita. Aksesoris ini terbuat dari bahan dasar gabus. Nantinya aksesoris ini di letakan melingkar pada bagain konde.

Manfaat Pakaian Adat Maluku

Pakaian ini hanya di gunakan pada saat upacara-upacara adat saja. Upacara yang menggunakan baju ini yaitu upacara panas pela, pelantikan raja dan masih banyak lagi yang lainya. Pada jaman sekarang pakaian ini dipakai guna untuk menghadiri acara seperti pernikahan ataupun acara adat.
Bukan hanya pakaian adat jenis cele saja yang ada di daerah Maluku. Tetapi masih ada lagi yang lainya yang biasanya sering digunakan dan di pakai pada kehidupan sehari-hari.

Contoh Baju Adat Daerah Maluku

Beberapa baju dibawah ini adalah jenis baju yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan baju yang bernama cele tadi hanya di gunakan dalam acara resmi. Berikut gambar bajau adat maluku beserta penjelasanya.
  • Kebaya Hitam





pakaian adat Maluku
tahuribabunyai.com

Kebaya ini adalah jenis kebaya dengan warna hitam dan bentuk lengan yang panjang. Bahan dari kebaya ini terbuat dari bahan dasar pembuatan sarung. Kebaya ini juga dihiasi dengan aksesoris diantaranya yaitu kaos kaki, konde, tusuk konde, dan canela hitam.

Pakaian ini hanya digunakan dalam acara resmi contohnya seperti beribadah. Ada juga yang menggunakan pakaian ini untuk menghadiri acara resmi.
Baca juga pakaian tradisional papua supaya kamu lebih tau pakaian tradisional di negara ini.
  • Baju Nona Rok





Pakaian Adat Maluku
infobudayaindonesia.com

Desain baju ini adalah pakaian dengan atasan kebaya warna putih dan bagian bawahnya adalah rok. Bahan dasr dari pakaian ini yaitu brokat dengan motif bunga-bunga yang berukuran kecil. Pakaian ini juga dilengkapi dengan aksesoris seperti ikat pinggang, tusuk konde. Baju nona rok ini hampir mirip dengan baju cale dari segi aksesoris sampai bentuk pakaianya.

  • Kebaya Dansa





baju ini adalah baju khas dari maluku
pakaian adat maluku

Kebaya jenis ini hanya di guanakan untuk menghadiri pesta rakyat saja selain itu tidak di perkenankan untuk memakai baju ini. Kemeja yang digunakan oleh pria berbeda dengan kemeja pada pakaian yang lain.

Kemeja yang satu ini memiliki ciri-ciri seperti bentuk leher yang melingkar dan tanpa kacing. Kain yang dipakai untuk membuat kemeja ini adalah kain polos yang mempunyai motif bunga kecil.
  • Baniang Putih





pakaian adat maluku
sumber https://dimasfan.com

Pakaian adat Maluku yang satu ini berasal dari Maluku tengah yang digunakan oleh kaum pria saja. Kemeja yang digunakan sama dengan kebaya dansa tetapi perbedaanya berada pada kancing bajunya.
Pada pakaian baniang putih ini memakai kancing baju sedangkan kebaya dansa tidak menggunakan kancing baju. Baniang putih pada dasarnya digunakan sebagai dalaman jas.

Upacara Adat Maluku

Adat istiadat yang berada di Maluku sama seperi dengan daerah lainya memiliki berbagai macam upacara adat. Upacara adat Maluku sendiri terbagi menjadi 5 bagian diantaranya :

Acara Obor Patimura





Pakaian adat Maluku
wordpress.com

Upacara ini selalu dilaksanakan pada tanggal 15 Mei yang diikuti oleh pemerintah setempat dan juga masyarakat. Di selenggarakanya acara ini bertujuan untuk memperingati hari Pattimura. Yang terkenal dari provinsi Maluku ini adalah lari obor yang jarak tempuhnya sejauh 25 kilometer.

Proses pemulaan acara ini berawal dari pembakaran obor di atas puncak Gunung Saniri di Kepualauan Saparua. Gunung tersebut adalah salah satu situs peninggalan dari pattimura. Karena tempat ini pertama kalinya rakyat Maluku melawan negara Belanda pada tahun 1817.
Dalam cerita sejarahnya pada gunung ini pada jaman dulunya adalah tempat perkumpulan para raja. Dan ditempat ini juga dimana raja dan masyarakat menyusun strategi untuk melakukan penyerangan.

Upacara Adat Abdau





Pakaian adat maluku
sumber https://dimasfan.com/

Acara ini di selenggarakan setiap menjelang hari raya idul adha 1425 Hijjriah. Penduduk Maluku Tengah selalu mengadakan acara ini. Selesainya acara ini dilaksanakan sebagian warga membagikan hasil daging qurban kepada masyarkat setempat.

Sebelum hewan di sembelih terlebih dahulu hewan tersebut di arak keliling desa atau kampung. Pada saat pengarakan hewan qurban di ikuti oleh ratusan rakyat yang ikut berkeliling pada saat itu.
Ada yang unik pada saat melakasankan tradisi ini yaitu pada saat perebutan bendera. Acara ini menjadi sebuah simbol yang harus di teruskan oleh generasi muda. Banyak sekali yang mengikuti acara ini hingga ratusan pemuda yang antusias.
Tetapi banyak juga pemuda yang terinjak dan saling tindih dengan sesama temannya. Itu dilakukanya karena ingin mendapatkan sebuah bendera. Tidak satu atau dua orang yang sampai berdarah saat mengikuti acara ini.

Upacara Adat Buka Sasi Lompat di Haruku





pakaian adat maluku
traveldetik.com

Upacara adat istiadat ini sangat popular di kepulauan Lease Maluku Tengah. Acara ini di selenggarakan setiap tahunya guna untuk memperingati Hadiah Lingkungan Hidup Nasional. Hadiah ini di berikan pada tahun 1986 lalu membuat upacara adat sejak satu hari sebelumnya.

Upacara adat Maluku ini dillaksanakan pada jam 10.00 pagi pada saat itu juga pesta acara ini baru di mulai. Upacara ini di ikuti oleh ratusan penduduk setempat ada juga yang ikut merayakannya.
Setiap diadakanya acara ini disisi lain ada ritual turun-temurun yang dilaksanakan yaitu memanen ikan dengan jumlah yang sangat besar. Tepatnya di muara sungai Learissa Kayeli.

Upacara Adat Pukul Manyapu





pakaian adat maluku
sumber https://dimasfan.com/

Acara ini sudah rutin dikerjakan secara turun-temurun dari nenek moyang sampai sekarang. Upacara ini di lakukan bertempat di Desa Mamala-Morela. Upacara ini dilakukan setiap sebelum hari raya idul fitri  lebih tepatnya kurang dari tujuh hari sebelumnya.

Acara Adat Antar Sontong





pakaian adat maluku
sumber https://dimasfan.com/

Upacara ini sering sekali kita jumpai pada siaran televisi nasional lewat berita yang disampaikan. Antar sontong adalah beberapa nelayan yang berkumpul yang sedang menaiki perahu. Para nelayan tersebut membawa obor dan juga lentera untuk memberi isyarat kepada cumi-cumi.

Ketika lentera bergerak cumi-cumi tersebut akan mengikutinya sampai ke tepi laut. Sesampainya di tepi laut sudah ada beberapa nelayan yang sudah siap menangkapnya.

Senjata Tradisional Maluku

Semua daerah di indonesia pasti mempunyai senjata tradisional pada jaman duhulu. Berfungsi untuk alart perlindungan diri maupun untuk berburu makanan di dalam hutan. Maluku juga mempunyai 2 senjata tradisional contoh dan penjelasnya sebagai berikut di bawah ini :
  • Parang Salawaku





pakaian tradisional maluku
negaraislam.net

Senjata ini adalah satu pasang alat senjata tradisional yang berasal dari daerah Maluku. Senjata ini terdiri dari parang dan juga perisai untuk melindungi diri dari serangan musuh.

Pada masa lampau senjata ini sangat berguna bagi masyarakat indonesia untuk melawan para penjajah. Sekarang senjata ini dijadikan sebagai lambang dari kota Ambon. Senjata ini juga di jadikan simbol bagi rakyat Maluku sebagai kemerdekaan wilayah maluku dari penjajah.
Jika kalian penasran langsung saja datang ke Maluku disana pasti kalian menemukan apa yang kalian cari. Senjata ini pada jaman sekarang di gunakan sebagai aksesoris menari saja. Nama tarian itu yaitu Cakalele sendiri merupakan tarian tradisional khas dari daerah Maluku.
Tarian ini adalah gambaran dari laki-laki Maluku yang gagah, kuat dan perkasa. Kedua senjata yang di pegang memiliki makna yang berbeda. Parang yang di bawa bermakna bahwa sebuah prajurit yang berani sedangkan salawaku melambangkan perjuangan untuk mendapatkan kemenangan.
  • Kalawai





pakaian adat maluku
sumber https://dimasfan.com/

Senjata tradisional ini bagi rakyat Maluku sudah tidak asing lagi jika mendengar kata Kalawai. Senjata tradisional Maluku ini berasal dari daerah Ambon, Haruku, dan Pulau Seram.

Senjata ini pun memiliki arti pada setiap katanya yaitu  kata “kala” dan “wali”. Arti kata “Kala” yaitu tikam sedangkan “Wali” adalah air. Jika arti terbeut di gabungkan menjadi menirkam air.
Senjata khas Maluku ini bentuk dasarnya seperti tombak. Pada ujung tombak ini terdapat sebuah besi dengan dihiasi bulu-bulu. Terdapat sebuah perbedaan antara kalawai dengan tombak.
Tombak hanya memiliki satu mata sedangkan kalawai mempunyai 3 mata tombak. Bentuk dari kalawai ini seperti orang cina. Tombak digunakan untuk berburu di daratan sedangkan kalawai untuk menangkap hewan di laut lepas.
Mangsa utama dari senjata tradisional ini yaitu gurita, ikan dan juga bulu babi.

sumber https://dimasfan.com/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tayo the Little Bus

Karakter Karakter utama seri ini memiliki empat karakter utama. Tayo (Bus 120, biru) adalah menyenangkan dan kadang-kadang nakal. Dia ...